Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan

Selasa, Juli 15th 2014. | Doa
advertisements

Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan – Assalamualaium Wr Wb, sebelum kami membahas artikel tuntunan shalat, izinkanlah kami mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang tak bisa di ukur dan di nilai kepada kita semua, dari nikmat kesehatan, rezeki dan  masih banyak yang lainnya. Di kesempatan ini kami akan membahas Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan.

Biasanya kita shalat berjamaah di masjid,sebelum memulai shalat di awali dengan adzan yang bertujuan untuk mengabari orang muslim bahwa sekarang suda masuk shalat, nah islam sangat menganjurkan kepada kita jika muadzin sedang adzan dan sesudah adzan kita di anjurkan membaca doa adzan , kita di sunnahkan untuk menjawab adzan yaitu dengan menjawab dengan bacaan sama persis dengan apa yang dilantunkan oleh muadzin kecuali dalam lafadz “Hayya ‘Alashsholaah” dan “Hayya ‘Alal Falaah” maka di jawab dengan bacaan Hauqolah yaitu “Laahaula Walaa Quwwata illaa Billaah”

Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan

advertisements

dan

Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan 2

Ketika itu sebutlah atau bacalah

Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan 3

Artinya:

“Tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah”.

Untuk melihat lebih lengkap dengan dalilnya bisa dibaca di Bacaan Untuk Menjawab Adzan  kemudian dianjurkan untuk membaca amalan amalan dan doa sesudah adzan atau doa selesai adzan.

Adapun doa sesudah adzan atau doa selesai adzan itu sendiri yaitu berdasarkan hadits doa sesudah adzan yang terdapat dalam sahih bukhari di bawah ini:

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَيَّاشٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعَيْبُ بْنُ أَبِي حَمْزَةَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Haddatsanaa ‘Aliyyubnu ‘Ayyaasyin Qoola Haddatsanaa Syu’aibubnu Abii Hamzata ‘an Muhammadibnilmunkadiri ‘an Jaabiribni ‘Abdillaahi Anna Rasuululloohi Shollalloohu ‘Alaihi Wasallama Qoola Man Qoola Hiina Yasma’unnidaa-alloohumma robba haadzihidda’watittaaammati wasshoolaatil qoo-imati Aati Muhammadanil wasiilata walfadhiilata wab’atshu maqoomammahmuudanilladzii wa’attahu hallat lahu syafaa’atii yaumalqiyaamati

Artinya : Telah menceritakan kepada kami ‘Ali bin ‘Ayyasy berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’aib bin Abu Hamzah dari Muhammad Al Munkadir dari Jabir bin ‘Abdullah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berdo’a setelah mendengar adzan: ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA’WATIT TAAMMAH WASHSHOLAATIL QOO-IMAH. AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WALFADHIILAH WAB’ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDANIL LADZII WA’ATTAH (Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah jannjikan) ‘. Maka ia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R. Bukhari)

Dari hadits di atas bahwa doa sesudah adzan atau doa selesai adzan yaitu:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHID DA’WATIT TAAMMAH WASHSHOLAATIL QOO-IMAH. AATI MUHAMMADANIL WASHIILATA WALFADHIILAH WAB’ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDANIL LADZII WA’ATTAH

Artinya: “Ya Allah. Rabb Pemilik seruan yang sempurna ini, dan Pemilik shalat yang akan didirikan ini, berikanlah wasilah (perantara) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkanlah ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana Engkau telah jannjikan.”

Selanjutnya, disebutkan di dalam kitab Jami’ul Ahadits, juz IV, hal. 250, disebutkan ada doa khusus setelah adzan maghrib, yakni:

اللهم هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbâlu lailika wa idbâru nahârika wa ashwâtu du’âika faghfir lii

“Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku”

Adapun setelah adzan shubuh, ada doa khusus setelah adzan shubuh sebagaimana disebutkan dalam kitab Fathul Muin hal. 280, yakni:

اللهم هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbâlu nahârika wa idbâru lailika wa ashwâtu du’âika faghfir lî

“Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku”

Setelah kita tahu doa sesudah adzan itu sendiri, mudah mudahan kita bisa mengamalkannya agar mendapat syafa’at kelak di hari akhirat atau yaumil akhir.

Mungkin cukup pembahasan artikel tentang Bacaan Doa Ketika dan sesudah Adzan, mudah mudahan bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan semoga kita bisa mengamalkannya.

advertisements

tags: , , , , ,