Tata Cara Niat dan Doa Shalat Istikharah Lengkap

Wednesday, August 26th 2015. | Shalat Istikharah, Shalat Sunnah
advertisements

Shalat Istikharah atau dalam bahasa Arab: صلاة_الاستخارة merupakan salat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk dari Allah ketika kita yang berada di antara beberapa pilihan dan kita merasa ragu-ragu untuk memilihnya atau saat kita akan memutuskan sesuatu hal. Masalah yang dialami ketika kita ragu dalam hal ini tidak dibatasi. Kita dapat melaksanakan salat istikharah untuk menentukan misalnya dalam hal dimana kita akan kuliah, siapa yang lebih cocok menjadi jodoh kita atau perusahaan mana yang kita akan pilih lebih baik. Setelah melaksanan shalat istikharah, maka dengan izin Allah Kita akan diberi kemantapan hati dalam memilih perkara yang membuat kita ragu sebelumnya.

Waktu Pengerjaan Shalat Istikharah

Pada dasarnya shalat istikharah dapat kita laksanakan kapan saja namun lebih dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad menjelaskan jika umatnya memiliki keinginan ataupun memilih keputusan yang terbaik maka disunnahkan untuk melakukan Shalat Istikharah ini.

advertisements

Niat Shalat Istikharah

bacaan niat Shalat Istikharah

Niat shalat ini, sebagaimana juga shalat-shalat yang lain cukup diucapkan di dalam hati, yang paling penting adalah niat hanya semata karena Allah semata dengan hati yang ikhlas dan selalu mengharapkan ridhoNya.

Tata Cara Shalat Istikharah

  1. Shalat istikharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau juga sampai dua belas rakaat (dengan enam salam).
  2. Rakaat Pertama, setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun sebanyak 1 kali.
  3. Rakaat Kedua, setelah membaca Al-Fatihah pada rakaat yang kedua, diutamakan membaca 1 Surah Al-Ikhlas sebanyak 1 kali.
  4. namun untuk surah-surah yang lain tetap diperbolehkan dibaca setelah membaca surah Al-Fatihah, baik pada rakaat pertama dan juga rakaat kedua.

Doa Setelah Shalat Istikharah

Setelah salam dilanjutkan membaca do’a shalat istikharah kemudian memohon petunjuk dan juga mengutarakan masalah yang kita dihadapi. do’a tersebut adalah :

doa setelah shalat istikharah

arti doa setelah shalat istikharah

Sekian dari kami tuntunanshalat.com, semoga kita bisa lebih menambah iman dan taqwa kita kepada Allah, dan semoga kita bisa belajar bersama disini tentang Tata Cara Niat dan Doa Shalat Istikharah Lengkap.

advertisements

tags: , , , ,