Tata Cara Mengerjakan Shalat Tahajjud dan Keistimewaannya

Monday, June 2nd 2014. | Shalat Sunnah, Shalat Tahajjud
advertisements

Tata Cara Mengerjakan Shalat Tahajjud dan Keistimewaannya – Assalamualaikum Wr Wb, tidak pernah cape atau lelahnya kami ucapkan syukur Allhamdullilah kepada Sang Maha Kuasa Allah SWT, yang selalu memberikan nikmat dan ridha-Nya kepada kita semua, maka dari itu kita sebagai orang yang mudah mudahan beriman selalu meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita. Pada kesempatan ini kami akan membahas artikel tuntunan shalat tentang Waktu dan Cara Shalat Tahajjud.

Cara Mengerjakan Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud adalah shalat yang dikerjakan pada waktu malam, sedikitnya dua raka’at dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sesudah shalat isya sampai terbitnya fajar. Shalat di waktu malam hanya dapat disebut shalat tahajud dengan syarat apabila di lakukan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun itu hanya sebentar. Jadi apabila dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka ini bukan shalat tahajjud, tetapi shalat sunnah saja seperti witir dan sebagainya.

advertisements

Waktu Untuk Sholat Tahajjud

Kalau sudah di ketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya’a sampai waktu subuh, sedang sepanjang malam ini ada saat- saat utama, lebih utama dan paling utama maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian:

  1. Sepertiga pertama, yaitu kira kira dari jam 19 sampai dengan jam 22,ini saat utama
  2. Spertiga ke dua, yaitu kira kira dari jam 22 sampai dengan jam 1, ini saat lebih utama
  3. Sepertiga ketiga, yaitu kira kira dari jam 1 sampai dengan masuk nya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama

Demikianlah menurut Hadist Rasulullah saw, yang berbunyi:

“Perintah Allah turun ke langit  dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon(berdoa), pasti akan ku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengaharap/memohon ampunan,pasti akan Kuampuni baginya,sampai tiba waktu subuh”

Bacaan Niat Shalat Tahajjud

Lafazh Niat Shalat Tahajjud

“Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillahi ta’aalaa.Allahu Akbar.”

Keistimewaan Shalat Tahajjud

Shalat tahajjud yakni shalat malam yang sangat di anjurkan,sebagaimana firman Allah sebagai berikut:

“Wa minal-laili fatahajjad bihii naafilatal laka ‘asaa ay yab’atsaka rabbuka maqaamam mahmuuda.”

Doa Shalat Tahajjud

Doa doa yang di baca di waktu melakukan sembahyang tahajjud atau sesudahnya sebaiknya dari ayat ayat Al-Qur’an atau hadist. Dari Al-Qur’an seperti:

“Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasantaaw wa fil-aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar”

Demikianlah artikel Cara dan Keistimewaan Shalat Tahajjud yang bisa kami berika kepada anda semua, mudah mudahan artikel ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua.

advertisements

tags: , , ,