Niat Shalat Idul Adha dan Cara Mengerjakan Shalat Idul Adha

Wednesday, August 3rd 2016. | Shalat Sunnah
advertisements

Niat Shalat Idul Adha dan Cara Mengerjakan Shalat Idul Adha – Pembahasan tentang Sholat Idul Adha yakni salah satu Sholat Hri Raya umat Islam yg jatuh pada tanggal 10 Bln Dzul Hijjah pada Kalender Hijriah (Kalender Islam) lantaran didalam Islam memiliki Dua Hri Raya yg terbagi antara Hri Raya Idul Fitri pula Hri Raya Idul Adha dan didalam Ke-2 Hri Raya tersebut telah disunnahkan buat menunaikan dan melakukan Sholat Sunnah merupakan Sholat Sunnah Idul Fitri yg jatuh di tanggal 1 Syawal dan Sholat Sunnah Idul Adha ditanggal 10 Dzulhijjah bagi tiap – tiap Muslim baik Muslim laki Laki, Muslim Perempuan, Muslim Musafir.

Adapun di dalam Hukum Mengerjakan Shalat Idul Adha sendiri merupakan Sunnah Muakkad dan tujuan dari Hukum Sholat Idul Adha yg Sunnah Muakkad ini yaitu Sholat Sunnah yang amat sangat baik atau sebaiknya dikerjakan oleh tiap-tiap Muslim lantaran memiliki sangat banyak Keistimewaan dan Keutamaan Sholat Idul Adha yang dapat kalian temukan. Tapi bagi tiap-tiap Muslim yg tak mengerjakan Sholat Sunnah Muakkad Idul Adha ini maka tak akan memperoleh apa – apa baik itu Dosa ataupun Pahala, cuma saja amat sangat merugi dikarenakan tidak hanya memiliki Keistimewaan Sholat Idul Adha yg tidak sedikit, tanggal 10 Dzul hijjah ialah salah satu Hri Mulia dan salah satu Hri Raya di falsafah Islam.

Nabi Muhammad Saw sempat bersabda yang dijelaskan di dlm Hadist Shahih Bukhari Muslim bahwasanya Ummi Athiyah bicara : ” Kami diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw utk berangkat Sholat Hri Raya, bahwa Anak2 Gadis ke luar dari pengitannya. Serta Wanita2 yg sedang mengalami Datang bulan(Haid), tapi mereka cuma berdiri saja di belakang orang banyak dan turut mengucapkan Takbir (Allohu Akbar) juga berdoa dgn – sama dan mereka menginginkan meraih kesucian dan keberkahan di Hri Raya Idul Fitri & Idul Adha (HR. Bukhari & Muslim) ”. Baca juga  Bacaan Doa Berqurban Dan Niat Berqurban.

advertisements

Tata Cara Dan Niat Sholat Idul Adha Kumplit

Niat Shalat Idul Adha dan Cara Mengerjakan Shalat Idul Adha

Seterusnya buat Diwaktu Sholat Idul Adha ini bisa dilakukan pada tanggal 10 di Bln Dzul Hijjah terhadap Kalender Islam (Kalender Hijriah) dan Disaat Mengerjakan Sholat Idul Adha bakal dimulai dikala Matahari terbit (Pagi Hri) hingga tergelincirnya Matahari bersama Jumlah Raka’at Sholat Idul Adha banyaknya Dua Raka’at dan dapat kerjakan dengan cara sendiri ataupun dengan cara berjamaah, cuma saja sebaiknya Sholat Idul Adha Dua Raka’at ini dikerjakan dengan cara Berjamaah di Tempat Ibadah ataupun di ruangan yg lapang (Luas) lantaran menunaikan Sholat baik itu Sholat Sunnah ataupun Sholat Wajib dengan cara berjamaah bakal mendapati Pahala yg berlipat ganda daripada mengerjakan Sholat Sendiri.

Bacaan Niat Sholat Idul Adha Terjemahan Arab Indonesia

Niat Shalat Idul Adha Sebagai Imam

Niat Shalat Idul Adha sebagai imam
Bacaan Niat Sholat Idul Adha di atas sanggup kalian bacakan jikalau kamu akan bertindak sbg Imam Sholat Idul Adha dan pastinya Bacaan Niat Mengerjakan Sholat Idul Adha di atas telah dibuat dengan cara lengkap dikarenakan telah ada Bahasa Arab, Bahasa Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia maka di harapkan memudahkan kalian utk membaca dan menghafalkan Bacaan Niat Shalat Idul Adha Juga Sebagai Imam Shalat.

Niat mengerjakan sholat idul adha sebagai makmum

Niat Shalat Idul Adha sebagai makmum

Lalu Bacaan Niat Sholat Idul Adha sbg Makmum Sholat di atas mampu kalian bacakan dan amalkan jikalau kamu akan mengerjakan Sholat Idul Adha yang merupakan Makmum Sholatnya lantaran mengerjakan Sholat Sunnah Idul Adha sebaiknya dengan cara berjamaah di Tempat Ibadah maupun Ruangan yg lapang (Luas) dikarenakan dapat memperoleh keberhakan dan pahala yg dilipat gandakan daripada mengerjakan Sholat Idul Adha dengan cara sendirian dirumah.

Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha di Islam

Buat Tata Cara Mengerjakan Sholat Idul Adha dilaksanakan di pagi hari dikala Matahari Terbit hingga tergelincirnya Matahari di tanggal 10 Bln Dzul Hijjah dan dapat dikerjakan dengan cara sendiri ataupun dengan cara berjamaah dgn Jumlah Raka’at Sholat Idul Adha jumlahnya Dua Raka’at yang dilaksanakan di Tempat Ibadah maupun di Tanah Lapang (Ruangan yg luas). Adapun didalam Langkah – Langkah Mengerjakan Sholat Idul Adha bersama Dua Raka’at ini mula-mula – pertama membaca Niat Mengerjakan Shalat Idul Adha yg serentak dilanjutkan dgn Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram (Takbir) dan sesudah itu membaca Bacaan Iftitah di Raka’at Pertama.

Sesudah selesai membaca Doa Iftitah sehingga dilanjutkan dgn melaksanakan Gerakan Takbiratul Ikhram yg dibarengi bersama membaca Takbir (Allohu Akbar) sejumlah 7 (Tujuh) kali di Raka’at Pertama dan disunnahkan buat membaca Tasbih di tiap – tiap Gerakan Takbir tersebut. Lalu sesudah laksanakan Gerakan Takbiratul Ikhram jumlahnya Tujuh kali, Imam Sholat Idul Adha dapat menyambung dengan membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan terserah yg beliau sukai, cuma saja lebih baik membaca Surat Qaf atau Surat Al-A’la di Raka’at Pertama. Setelah Itu dilanjutkan dgn Gerakan Sholat Ruku, I’tidal, Sujud Pertama, Duduk diantara Sujud, Sujud Ke-2 dan kembali berdiri utk Raka’at Ke-2.

Selanjutnya didalam Tata Cara Shalat Idul Adha di Raka’at Ke-2 ini Imam Sholat segera lakukan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram yg dibarengi bersama membaca Takbir (Allohu Akbar) sejumlah Lima (5) kali di Raka’at Ke-2 dan disunnahkan juga utk membaca Tasbih di tiap – tiap gerakan Takbiratul Ikhram tersebut. Lalu sesudah selesai melaksanakan Gerakan Sholat Takbiratul Ikhram dilanjutkan dgn membaca Surat Al Fatihah dan membaca Suratan yg disukai, cuma saja sebaiknya membaca Suratan Al Ghasyiah di Raka’at Ke-2. Sesudah itu tinggal laksanakan Gerakan Sholat Ruku hingga Gerakan Sholat Tahiyat Akhir yg nantinya diakhiri dgn Gerakan Sholat Salam di Raka’at Ke-2 yang merupakan tanda bahwa Sholat Sunnah Idul Adha telah selesai.

advertisements

tags: , , ,