Hikmah dan Manfaat Menikah Muda Menurut Agama Islam

Tuesday, January 26th 2016. | Pernikahan
advertisements

Manfaat Menikah Muda – Menurut artikel yang kami baca menikah artinya terkumpul dan menyatu, tapi menurut istilah menikah artinya Ijab Qobul yang mengharuskan hubungan antara sepasang manusia yang diucapkan oleh perkataan yang ditujukan untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan sesuai apa yang di perintahkan atau diwajibkan oleh agama Islam.

Menikah muda

Kemudian apa hukum menikah menurut agama Islam? Untuk Hukum menikah sendiri bersifat kondisional. Maksud kodisional disini bisa berubah sesuai dengan kondisi atau pun situasi seseorang dan lingkungannya. Adapun untuk Hukum menikah sendiri diantaranya, Jaiz, sunat, wajib, makruh dan haram. Itulah ke empat hukum menikah yang bisa anda ketahui dan anda pahami.Meski hukumnya kondisional, namun menikah mempunyai hikmah dan manfaat yang sangat besar bagi mereka yang ingin mengerjakan sunah Rassul tersebut. Ingin tahu apa saja hikmah menikah, anda bisa melihatnya dibawah ini.

advertisements

Hikmah Menikah

  • Cara yang suci atau halal untuk menyalurkan nafsu syahwat.
  • Mendapat kasih sayang, ketentraman dan ketenangan hidup
  • Menjaga kesucian diri
  • Mengerjakan tuntunan syariat
  • Dapat membuat keturunan yang berguna bagi bangsa, negara dan agama
  • Mewujudkan tanggung jawab dan kerja sama
  • Dapat mempererat tali silaturahmi

Itulah beberapa hikmah menikah yang bisa anda ketahui dan anda pahami,sementara untuk manfaat menikah muda sendiri banyak sekali yang diperoleh. Sesuai dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari yang ada dibawah ini

 anjuran menikah

Dari hadist di atas menjelaskan bahwa siapa saja pemuda yang sudah mempunyai kemampuan maka pemuda tersebut sangat dianjurkan untuk menikah. Namun sebaliknya, jika mereka belum mampu di anjurkan untuk melakukan puasa untuk menjaga sahwatnya. Kemudian untuk manfaat menikah muda, berikut ini manfaat yang bisa anda ketahui.

Manfaat Menikah Muda Menurut Agama Islam

Menjaga dari dosa

Seperti yang sudah dijelaskan dalam sabda Nabi yang menjelaskan bahwa menikah muda dapat membantu memelihara kemaluan dan menundukan pandangan. Selain itu orang yang menikah muda lebih terjaga dari perbuatan zina, terlepas itu zina hati, mata maupun tangan

Lebih bahagia

Manfaat menikah muda yang kedua yaitu lebih bahagia, hal ini sesuai dengan hasil penelitian National Marriage Project’s 2013 yang menunjukan bahwa mereka yang menikah pada usia 20 sampai 28 tahun merasa sangat puas dalam kehidupan mereka.

Lebih puas dalam bercinta

Menurut hasil study yang dikeluarkan oleh Dana Rotz dari Harvard University mengungkapkan bahwa menikah muda dapat memberikan kepuasaan dalam berhubungan. Hal ini di dukung dengan fisik yang masih prima yang memberikan rasa puas pada keduanya (suami istri). Penelitian tersebut sesuai dengan Hadist Nabi yang di riwayatkan oleh Ibnu umar “Nikahilah gadis perawan, sebab ia lebih segar mulutnya, lebih subur rahimnya dan lebih hangat farjiny”

Dapat mengontrol emosi

Manfaat menikah muda selanjutnya yaitu dapat mengontrol emosi, karena menikah muda lebih cepat mendewasakan antar pasangan.Hal ini disebabkan oleh ketenangan yang hadir searah atau sejalan dengan adanya pendamping dan tersalurkannya.Dan hal tersebut merupakan makna sakinah pada Surat Ar Rum ayat 21.

Lebih mudah menggapai kesuksesan

Saat ini banyak orang yang menunda sebuah pernikahan karena ingin mencapai jenjang karir atau ingin hidup mapan terlebih dahulu. Sebenarnya ketika orang yang sudah menikah, mereka akan lebih tenang dan merasakan sakinah. Dan karena ketenangan tersebut dapat lebih fokus dalam menggapai sebuah kesuksesan maupun meniti karir.

Mungkin itu penjelasan mengenai Hikmah dan Manfaat Menikah Muda yang bisa kami bahas untuk anda, harapan kami dengan adanya ulasan artikel ini anda bisa merubah paradigma anda mengenai sebuah pernikahan muda. Kemudian untuk mengetahui syarat sah nikah, anda bisa melihat pembahasan lengkapnya diartikel sebelumnya

advertisements

tags: , , ,