Keutamaan Membaca Al Quran Menurut Agama Islam

Senin, Januari 25th 2016. | Surat Al Quran
advertisements

Keutamaan Membaca Al Quran  – Kami rasa setiap umat Islam yang ada di dunia di dalam rumahnya terdapat sebuah kitab suci Al quran, ya karena Al quran sendiri merupakan kitab suci dari umat Islam. Namun yang menjadi pertanyaannya, apakah Al quran atau muskhaf yang ada di dalam rumah anda dibaca setiap harinya? Ataukah Al quran yang ada di rumah anda menjadi pajangan atau hiasan semata yang disimpan pada sebuah lemari secara rapi.

Memang tidak bisa dipungkiri, seiring banyaknya aktivitas yang dilakukan dalam sehari hari membuat kita sering lupa akan ibadah membaca Al quran. Padahal Al quran sendiri merupakan kalam Allah serta wahyu Allah yang diberikan oleh Nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril. Al quran sendiri terbagi menjadi 30 juzz, 114 surat dan 6236 ayat. Dan setiap surat terdiri atas beberapa ayat yang tentunya setiap surat menjelaskan berbagai macam hal untuk kepentingan manusia khususnya untuk umat Islam.

Membaca Al Quran

advertisements

Dan Nabi Muhammad sendiri bersabda bahwa orang yang membaca Al quran termasuk salah satu orang yang merugi. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini sabda Nabi yang mengatakan orang yang tidak membaca Al quran termasuk orang yang merugi.

sabda Nabi

Jika melihat hadist diatas bahwa orang yang tidak membaca Al quran seperti rumah yang akan roboh, berarti membaca Al quran sangatlah penting bagi setiap umat muslim. Sebab Al quran memiliki keistimewaan dibandingkan dengan kitab suci lainnya, adapun beberapa Keutamaan Membaca Al Quran yang perlu anda ketahui, diantaranya ada dibawah ini.

Keutamaan Membaca Al Quran Menurut Agama Islam

Dapat mententramkan hati

Keutamaan Membaca Al Quran yang pertama yaitu Dapat mententramkan hati, hal ini sesuai dengan penjelasan yang ada pada Quran Surat 13:28 yang penjelasan dalilny ada dibawah ini.

QS.13 28

Mampu menyembuhkan penyakit

Sebagai kitab suci yang memiliki keistimewaan dan terbaik, tentunya Al quran mempunyai keutamaan dan fadilah.Dan Keutamaan Membaca Al Quran yang lainnya yaitu Mampu menyembuhkan penyakit. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Saw yang diriwayatkan HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud yang ada dibawah ini.

HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud

Hatinya selalu bercahaya

Barang siapa yang membaca Al Quran, maka hatinya akan diberikan cahaya oleh Allah SWT serta dipelihara dari kegelapan. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang di riwayatkan oleh Abu Hurairah ra, dimana penjelasan lengkap hadistnya bisa anda lihat berikut ini

Abu Hurairah ra

Memperoleh Kemuliaan serta diberi rahmat kepada orang tuanya

Jika anda ingin mendapatkan kemuliaan yang langsung diberikan Allah dan orang tuanya diberikan rahmat oleh Allah maka hendaknya rajin membaca Al Quran atau muskhaf. Seperti hadist Nabi yang diriwayatkan oleh HR. Abu Daud.

HR. Abu Daud

Mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam surga

Seperti yang diriwayatkan oleh HR. Ahmad dalam sabda Nabi yang menjelasakan tentang kedudukan yang tinggi dalam surga bagi orang yang mau membaca Al quran.

HR. Ahmad

Akan mendapatkan sepuluh kebaikan

Maksud dari mendapatkan sepuluh kebaikan disini yaitu membaca satu huruf di dalam Al quran dapat memperoleh sepuluh kebaikan. Keutamaan Membaca Al Quran ini, sesuai apa yang dijelaskan Nabi pada Sabda Nabi yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi

HR. Tirmidzi

Membaca Al quran sama dengan bersedekah

Ternyata sedekah tidak hanya berupa memberikan harta atau uang saja namun membaca Al quran juga sama dengan bersedekah. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh HR. Abu Dawud dan Tirmidzi dan Nasa’i.

HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i

Membaca Al Quran bisa menjadi syafaat

Keutamaan Membaca Al Quran selanjutnya yaitu dapat menjadi syafaat bagi mereka yang membacanya. Nabi Muhammad Saw bersabda dalam sebuah hadist yang ada di bawah ini.

menjadi syafaat

Sebagai cahaya ditengah kegelapan

Turunnya Al quran dimuka bumi sebagai cahaya yang terang benderang bagi kehidupan manusia yang ada di dalam bumi, yang dari zaman ke gelapan menjadi zaman yang terang bendarang. Jadi sudah sangat relevan apabila Al quran merupakan cahaya ditengah kegelapan. Penjelasan ini  sesuai dengan Hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh HR. Baihaqi.

HR. Baihaqi

Kurang lebihnya itu saja pembahasan mengenai Keutamaan Membaca Al Quran yang bisa anda pelajari dan anda ketahui, mudah mudahan dengan adanya pembahasan artikel ini anda semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT serta dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anda. Kemudian jika anda saat ini sedang mencari tahu tentang syarat dan rukun nikah, anda bisa melihat penjelasan lengkapnya di artikel sebelumnya

advertisements

tags: , , ,