Penjelasan Hukum Memakai Gigi Palsu Menurut Agama Islam

Sunday, January 31st 2016. | Hukum Islam
advertisements

Hukum Memakai Gigi Palsu – Pembahasan artikel yang akan coba kami bahas pada waktu sekarang ini yaitu mengenai Hukum Memakai Gigi Palsu menurut agama Islam. Di ulasan artikel ini, kami akan mencoba membahas secara detail dan jelas mengenai bagaiaman Hukum Memakai Gigi Palsu sesuai yang dijelaskan oleh para ulama yang berpatokan pada hadist dan dalil.

Sebelum kami membahas lebih detail mengenai Hukum Memakai Gigi Palsu secara lengkap, kami akan mencoba sedikit menjelaskan tentang apa itu gigi palsu. Menurut artikel yang kami baca, gigi palsu sebenarnya sebuah bahan titanium yang di tanam pada bagian tulang rahang gigi. Dan bahan titanium tersebut di buat atau di desain dengan semirip mungkin dengan gigi sehingga bisa ditanam pada gusi.

Memakai Gigi Palsu

advertisements

Biasanya orang yang menggunakan gigi palsu, orang yang giginya sudah ompong atau sudah hilang. Ya memang adanya gigi yang sudah rontok atau tanggal membuat kita kurang nyaman dalam mengunyah makanan terutama pada gigi bam, dimana gigi tersebut yang sering digunakan untuk menghancurkan makanan yang kita konsumsi. Terlepas dari hal itu, tidak sedikit orang yang memakai gigi palsu karena mereka kurang percaya diri karena ada giginya yang tanggal.

Dengan keadaan tersebut, saat ini banyak orang yang berbondong bondong pergi ke dokter gigi untuk memasang atau menanam gigi palsu supaya kepercayaan diri mereka timbul lagi. Ya mungkin dilihat dari segi style itu sesuatu yang wajar, tapi bagi anda yang ingin memakai gigi palsu alangkah baiknya sebelum anda menggunakannya anda juga memperhatikan bagaiaman pandangan Agama Islam tentang memakai gigi palsu. Berikut ini Hukum Memakai Gigi Palsu menurut pandangan Agama Islam.

Hukum Memakai Gigi Palsu Menurut Agama Islam

syekh shaleh

Dari penjelasan yang diutarakan oleh Syekh Shaleh Munajid, bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa Hukum Memakai Gigi Palsu yaitu diperbolehkan namun mubah dan tidak haram. Namun akan menjadi haram apabila tujuan dari menggunakan gigi palsu ini untuk mempercantik atau memprindah diri. Hal ini juga diperkuat oleh dalil atau hadist Nabi yang diriwayatkan oleh HR. Ahmad yang penjelasannya ada dibawah ini.

hukum gigi palsu

Mungkin buat orang yang giginya tanggal atau ompong, kondisi tersebut akan menganggu saat mengunyah makanan. Dan jika tujuannya untuk mempermudah saat makan maka Hukumnya tidak diharamkan, sebab tujuannya bukan untuk mempercantik namun untuk memudahkan dalam mengkonsumsi makanan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dijelaskan oleh ulama dengan dasar dalil hadist, bahwa Hukum Memakai Gigi Palsu tidak haram hanya saja mubah. Dengan catatan memakai gigi palsu tersebut tidak bertujuan untuk mempercantik diri, sebab jika tujuannya mempercantik diri maka diharamkan. Karena orang yang memakai gigi palsu untuk kecantikan, sama saja tidak bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan kepadanya.

Kami berharap dengan adanya pembahasan artikel mengenai Hukum Memakai Gigi Palsu, anda bisa lebih pintar dalam menyikapi sebuah hal. Jadi untuk anda yang berniat memakai gigi palsu tujuannya untuk memudahkan anda dalam mengkonsumsi makan silahkan, tapi sebaliknya jika untuk mempercantik diri sebaiknya anda urungkan niat anda.

Namun jika anda ingin mengetahui lebih luas lagi mengenai wawasan seputar Islam, anda bisa membaca pembahasan artikel mengenai Manfaat Menikah Muda dimana artikelnya sudah kami jelaskan secara lengkap. Membaca artikel tersebut, anda akan mengetahui berbagai manfaat nikah muda yang sebelumnya anda ketahui. Terima kasih perhatiannya, sampai berjumpa di artikel selanjutnya

advertisements

tags: , ,