Bacaan Niat dan Hikmah Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Monday, February 8th 2016. | Puasa, Puasa Senin Kamis
advertisements

Hikmah Puasa Senin Kamis  – Pengertian Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada saat hari senin dan kamis, karena dikerjakannya pada hari senin dan kamis maka puasa sunnah ini disebut dengan Puasa Senin Kamis. Mungkin ada beberapa dari anda yang bertanya, kenapa harus dilaksanakan pada hari senin dan kamis? Sementara hari yang lainnya juga bagus, sebab hari senin dan kamis memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan hari yang lainnya. Salah satu keutamaan hari senin dan kamis yaitu pada kedua hari tersebut, semua dosa umat muslim di ampuni oleh Allah terkecuali dua orang muslim yang sedang bermusuhan.

puasa senin kamis

Maka dari itu tidak heran jika Nabi Muhammad Saw, menganjurkan kepada umatnya untuk mengerjakan puasa senin kamis. Sebagaimana beliau telah lakukan selalu mengerjakan Puasa Senin Kamis selama hidupnya. Sebagaimana sabda Baginda Nabi Saw yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

advertisements

Hadist Puasa Senin Kamis

Meski Hukum Puasa Senin Kamis yakni sunnah atau tidak wajib, akan tetapi puasa sunnah ini mempunyai sebuah keistimewaan tersendiri bagi Allah. Dan untuk orang yang melakukan Puasa Senin Kamis, akan mendapatkan pahala yang langsung dibalas oleh Allah SWT. Sebagaimana penjelasan Hadist yang di terangkan atau diriwayatkan oleh HR bukhari dan Abu Daud

Hadist Puasa Senin Kamis 2

Pada hadist diatas, yang dimaksud puasa tersebut sifatnya masih umum bisa puasa wajib yakni puasa ramadhan atau juga puasa sunnah. Selain mendapatkan pahala yang langsung akan dibalas oleh oleh Allah, ada beberapa keutamaan dan hikmah puasa senin kamis yang bisa didapatkan bagi mereka yang mengerjakannya. Berikut ini Hikmah Puasa Senin Kamis, yang bisa di dapatkan bagi mereka yang mau mengerjakannya.

Hikmah Puasa Senin Kamis Dalam Islam

Dijamin masuk surga

Salah satu Hikmah Puasa Senin Kamis yang akan didapatkan bagi mereka yang mengerjakannya yaitu Dijamin masuk surga. Allah telah menyiapkan atau menyediakan surga bagi hambaNya yang bertaqwa dan beramal shaleh. Di surga itulah mereka akan abadi dengan berbagai kenikmatan yang Allah SWT sediakan. Sebab tidak ada tempat yang lebih pantas bagi hamba yang bertaqwa dan beriman kepada Allah, selain disurgaNya dengan kenikmatan yang ada di dalamnya.

Dijauhkan dan terhindar dari siksa api neraka

Selain jaminan masuk surga, Hikmah Puasa Senin Kamis lainnya yang di dapatkan bagi mereka yang mau mengerjakan Puasa Senin Kamis yaitu terhindar dari siksa api neraka. Bagi mereka yang rajin mengerjakan Puasa Senin Kamis maka akan dijauhi dari siksa api neraka sejauh jauhnya.

Menjadi penolong pada hari kiamat

Seperti yang kita ketahui bersama, hari kiamat merupakan dimana semua orang akan dibangkitkan dan akan ditanyakan setiap perilaku yang telah dilakukan semasa hidup.Hikmah Puasa Senin Kamis dapat menjadi penolong kelak pada hari kiamat.

Lebih mendekatkan diri kepada Allah

Mengerjakan Puasa Senin Kamis sama halnya dengan mengerjakan ibadah lainnya, dan setiap orang yang mengerjakan ibadah secara ikhlas dapat mendekatkan diri kepada Allah serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Mungkin itu saja Hikmah Mengerjakan Puasa Senin Kamis yang bisa anda dapatkan, kemudian untuk anda yang ingin mengerjakan Puasa Senin Kamis. Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai Bacaan Niat Puasa Senin Kamis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Bacaan Niat Puasa Senin Kamis dalam bahasa arab dan latin.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Arab dan Latin

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Dan Bacaan Niat Puasa Senin Kamis diatas wajib anda baca dalam hati saat anda ingin mengerjakan Puasa Senin Kamis. Sebab mengucapkan niat merupakan salah satu syarat utama dalam mengerjakan sebuah ibadah termasuk mengerjakan Puasa Senin Kamis.

advertisements

tags: , , ,