Penjelasan Hukum dan Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi

Kamis, Februari 4th 2016. | Sujud Sahwi
advertisements

Cara Mengerjakan Sujud Sahwi – Pada kesempatan ini, admin tuntunanshalat kembali hadir dihadapan para pembaca semuanya untuk membahas ulasan artikel tentang Hukum dan Tata Cara Sujud Sahwi. Bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih lengkap dan jelas mengenai Hukum dan Tata Cara Sujud Sahwi, mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

Sujud Sahwi

Sebelum membahas lebih jelas dan lengkap artikelnya, kami ingin membahas terlebih dahulu pengertian Sujud Sahwi. Menurut artikel yang admin baca di wikipedia bahwa Sujud Sahwi merupakan salah satu bagian yang di kerjakan atau dilakukan di dalam shalat. Dalam artian bahwa Sujud Sahwi adalah dua sujud yang dikerjakan oleh orang yang shalat untuk menggantikan kesalahan yang terjadi dalam shalat lebih tepatnya karena lupa.

advertisements

Adapun penyebab dikerjakannya Sujud Sahwi diantaranya menambahkan sesuatu atau az-ziyaadah, menghilangkan sesuatu atau an-naqsh dan pada keadaan ragu ragu saat mengerjakan shalat. Karena ketiga sebab itulah maka Suju Sahwi dikerjakan atau dilakukan. Kemudian yang menjadi pertanyaan kebanyakan umat Islam, apa Hukum Sujud Sahwi sendiri. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini pembahasan lengkap mengenai Hukum Sujud Sahwi.

 Hukum dan Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi

Untuk Hukum Sujud Sahwi menurut para ulama Hukumnya yaitu Sunnah saat meninggalkan hal yang diperintahkan atau jua mengerjakan perkara yang dicegah. Salah satu contoh meninggalkan hal yang diperintahkan dalam mengerjakan shalat untuk mengerjakan sujud sahwi contohnya meninggalkan rukun shalat atau juga meninggalkan kesunahan dalam shalat yang jika ditinggalkan di anjurkan untuk melakukan suju sahwi ( sunnah Ab’ad). Dan menurut Imam Ar-Rafi’i dan Imam An-Nawawi ada enam Sunnah Ab’ad diantaranya

Qunut ra atib

Pengertian Qunut ra atib merupakan qunut yang dikerjakan pada saat shubuh dan qunut witir yang dikerjakan paa separuh yang kedua di waktu bulan Ramadhan.

Melakukan berdiri ketika melaksanakan qunut raatib

Tasyahhud awal

Saat meninggalkan tasyahhud awal dalam shalat, kita disunahkan untuk mengerjakan Sujud Sahwi sebab Rasulullah Saw juga pernah lupa meninggalkan tasyahhud awwal dari shalat dzuhur dan Nabi Muhammad Saw mengerjakan sujud shawi sebab lupa meninggalkan tasyahhud awwal, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim

Duduk tasyahhud awwal

Membaca Shalawat atas baginda Nabi Besar Muhammad SAW ketika tasyahhud awwal.

Membaca Shalawat atas keluarga Nabi Saw

Itulah beberapa enam Sunnah Ab’ad yang bisa anda ketahui, kemudian untuk perkara atau hal yang dicegah yaitu melakukan perkara dalam shalat yang jika perkara tersebut dikerjakan dengan sengaja akan membatalkan shalat. Adapun contohnya yaitu menambahkan rakaat, meninggalkan sujud, sedikitnya makan atau bicara. Contoh tersebut jika dikerjakan akan membatalkan shalat tetapi juga disunahkan untuk melakukan sujud sahwi.

Terus bagaiamana Cara Mengerjakan Sujud Sahwi, bagi anda yang ingin mengetahui bagaiaman Cara Mengerjakan Sujud Sahwi. Pertahikan pembahasan mengenai Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi yang ada dibawah ini.

Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi

Mengerjakan Sujud Sahwi dengan cara melakukan dua sujud sebelum atau juga sesudah salam serta bacaanya tidak sama dengan bacaan sujud pada lainnya saat shalat. Berikut ini Bacaan Sujud Sahwi “Subkhana man laa yanaamu wa laa yas-huw“. Dan yang akan kami bahas pertama yaitu Melakukan Sujud Sahwi sebelum salam pada dua keadaan.

Sujud Sahwi Sebelum Salam

  • Jika terjadi pengurangan, contohnya lupa melakukan tasyahud pertama
  • Apabila perkara tersebut dikarenakan ragu yang dia tidak dapat memutuskan mana dari dua kemungkinan yang lebih condong dalam pikirannya.

Sujud Sahwi  Setelah Salam

  • Jika terjadi penambahan dalam shalat, maksudnya seseorang yang lupa suatu kewajiban shalat dan sudah melakukan salam namun belum menyempurnakan shalatnya, kemudian ia mengingat yang dilupakannya(sesudah salam) lalu kembali untuk menyempurnakan shalatnya.
  • Apabila hal tersebut karena lupa, pada salah satu dari dua kemungkinan lebih condong dalam pikiran orang tersebut

Mungkin itu saja pembahasan mengenai Hukum dan Tata Cara Mengerjakan Sujud Sahwi yang bisa kami berikan kepada anda semua, baca juga ulasan artikel lainnya tentang Hukum Menggunakan Gigi Palsu yang sudah kami bahas pada waktu sebelumnya

advertisements

tags: , ,