Cara Mengerjakan Shalat Taubah Beserta Doanya

Thursday, June 5th 2014. | Shalat Sunnah, Shalat Taubah
advertisements

Cara Mengerjakan Shalat Taubah Beserta Doanya – Assalamualaikum Wr Wb, tidak pernah bosen atau capenya kami haturkan syukur alhammdulillah kepada Allah SWT, yang selalu memberikan nikmat-Nya kepada kita semua. Sekarang ini kami akan membahas artikel tuntunan shalat tentang Tata Cara Shalat Taubah Beserta Doanya.

Shalat Taubah

Shalat sunah ataubah artinya shalat yang di lakukan setelah seseorang melakukan dosa lalu berbuat kepada Allah SWT. Bertaubat dari sesuatu dosa artinya menyesali perbuatan yang telah dilakukan, dan tidak berniat untuk mengulanginya.

advertisements

Niat Shalat Taubah:

“Ushallii sunnatat-taubati rak’ataini lillaahi ta’aalaa. Allahu Akbar”

Shalat taubat ini di anjurkan oleh Rasulullah saw, sebagaiman sabdanya:

“Seyiap orang yang berbuat dosa, kemudian segera bergerak dan berwudhu, kemudian shalat lalu memohon ampun dari Allah SWT, pasti Allah akan memberikan ampunan baginya.setelah itu di bacanya surat ini. Mereka yang pernah melakukan kejahatan atau telah berbuat dosa terhadap dirinya sendiri,lalu mereka segera ingat kepada Allah SWT, terus memohon ampun atas dosanya. Siapa pula yang akan mengampuni segala dosa kalau bukan Allah. Sudah itu mereka insyaf dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan dosa yang sudah sudah, maka mereka itu akan di ganjar dengan suatu pengampunan dari Allah dan akan di beri pahala dengan surga di mana di bawahnya mengalir air sungai-sungai,nun distulah mereka akan kekal abadi”

1. Jumlah raka’atnya 2,4 sampai 6 raka’at

2. Doa Shalat Taubah :

“Astaghfirullaahal-‘azhim al-ladzii laa ilaaha illaa huwal-hayyul-qayyuumu wa atuubu ilaihi taubata ‘abdin zhaalimin laa yamliku li nafsihi dharran wa laa naf’an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuraa.”

3. Sangat baik sekali memperbanyak membaca indukistighfar, sebagai berikut

“Allahumma anta rabbii laa ilaaha anta khalaqtanii waanaa ‘abduka wa anaa’ahdika wa wa’dika mastahta’tu a’uudzu bika min syarri naa shana’tu abuu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu’u bi dzambii faghfir lii fa innahuu la yaghfirudz-dzunuuba illaa anta”

Dan itulah pembahasan arikel tentang shalat taubah yang bisa kami berikan kepada anda semua, Mudah mudahan artikel ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin. Baca juga jika anda ingin mengerjakan Shalat sunnah tasbih.

advertisements

tags: , , ,